Jakarta (Citra Indonesia): Dalam lima tahun mendatang, nilai ekspor Indonesia ditargetkan sebesar US$5 miliar. Â Kalangan pengusaha sepatu nasional optimistis bisa mencapai target itu asalkan didukung pemerintah.
“Kata pak Wamen (Wakil Menteri Perdagangan dan ibu Menteri Perdagangan) nilai ekspor sepatu Indonesia harus naik setiap tahun. Lima tahun ke depan harus tercapai sebesar US$5 miliar. Saya rasa bisa kalau didukung pemerintah,” kata Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko, pada launching Hari Sepatu Indonesia, di Gedung Kemendag, Jakarta, Rabu (9/3/2011).
Optimisme Eddy tersebut memang logis mengingat nilai ekspor sepatu Indonesia terus meningkat signifikan akhir- akhir ini. Di mana pada tahun 2009 nilai ekspornya sebesar US$1,7 miliar dan tahun 2010 naik menjadi US2,4 miliar.
Ditambahkan, volume eskpor sepatu Indonesia ke 43 negara di dunia, dan menjadi nomor tiga terbesar dunia setelah Cina dan Vietnam.
“Masalah kualitas kita bagus, dan dalam lomba disain tahun lalu kita juara 1. Kalau ada orang yang bilang produk kita jelek, itu keliru,” ujarnya berpromosi.
Ia juga mengatakan tahun ini sedikitnya 17 investor asal Cina dan Vietnam akan masuk ke Indonesia. “Makanya kita harus tingkatkan mutu produk sepatu kita di dalam dan luar negeri,” ujarnta. (oloan siregar)