JAKARTA, CITRAINDONESIA.ID- Bagus kinerja industri Boneka atau mainan anak-anak di Indonesia. Nilai ekspornya tembus USD383 juta sepanjang Januari-September 2022, naik 29,83 persen dari periode sama tahun sebelumnya sebesar USD295 juta.
“Hingga saat ini, negara utama tujuan ekspor mainan Indonesia antara lain adalah Amerika Serikat, Singapura, Inggris, China dan Jerman,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita, dalam sambutannya mewakili Menteri Perindustrian pada acara Perluasan Lini Produksi dan Perayaan 30th Anniversary PT Mattel Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).
Jenis produk mainan paling banyak diekspor di antaranya boneka stuffed toy dan mainan model yang diperkecil.
Jumlah industri mainan berskala besar dan sedang di Indonesia mencapai 131 perusahaan, menyerap tenaga kerja 36 ribu orang. Sebagian besar industri tersebut berlokasi di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur.
“Salah satu industri besar produsen mainan ternama yang telah berinvestasi di Indonesia dan turut berkontribusi menyerap tenaga kerja hingga 9.000 orang selama musim puncak adalah PT Mattel Indonesia,” ungkap Reni.
Perusahaan asal Amerika Serikat ini memiliki dua pabrik di Tanah Air, yaitu east plant yang memproduksi boneka Barbie, dan west plant yang memproduksi mainan mobil (die cast car) dengan merek Hot Wheels.
Mereka juga melibatkan industri kecil dan menengah (IKM) dalam proses produksinya.