JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Seiring pecahnya rekor kinerja ekspor nasional, Kementerian Perdagangan RI kian gencar melakukan promosi perdagangan di dalam maupun luar negeri untuk menggenjot kinerja ekspor.
Pasalnya dengan promosi yang gencar akan terbukalah peluang pasar yang semakin besar pula hingga melipatgandakan perolehan nilai ekspor di masa mendatang.
Promosi yang dilakukan tidak hanya sebatas produk industri besar, tetapi juga promosi terhadap produk industri kecil (UMKM), kelompok industri kreatif dan dagang kecil.
“Kita jangan cepat puas dengan meningkatnya kinerja ekspor. Tetapi itu harus jadi cambuk untuk meningkatkan lagi nilainya,” kata Wamendag Mahendra Siregar, Kamis (3/1/2011) kepada Citra Indonesia.com.
Seperti diketahui, BPS merilis nilai ekspor Indonesia Desember 2010 mencapai US$16,78 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 7,36 persen dibanding ekspor November 2010
Mahendra menambahkan, tingginya nilai ekspor tahun ini, jangan membuat kita cepat puas. Maka harus menggali lagi pasar ekspor potensial di luar negeri.
“Kita harus menggali pasar, misalnya meningkatkan kerja sama perdagangan dengan negara non tradisonal atau emerging market. Kalau kita bisa garap, saya yakin perolehan kita makin besar lagi,” ujarnya.
Sebelumnya Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar, didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Gunaryo, dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Hesti Indah Kresnarini, Rabu (2/2/201), di Jakarta, meninjau stan Kementerian Perdagangan pada Pameran Gerakan Kewirausahaan Nasional. mengusung tema “Sejahterakan Rakyat Dengan Berwirwusaha”.
Gerakan yang dicanangkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarif Hasan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yodhoyono. Acara ini berlangsun hingga 4 Februari 2011. (olo)