JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Setelah tidak aktif di bisnis minuman beralkohol, PT Sarinah (Persero) tahun ini serius menggarap bisnis UKM.
“Konsep pembinaan dan pengembangan UKM terinspirasi dari konsep Sogo sosa di Jepang,” kata Direktur Utama PT Sarinah, Jimmy M Rifai Gani pada diskusi “Peran Lembaga Pembiayaan dan Perbankan dalam Meningkatkan Ekspor Nasionalâ€, di kantor kementerian perdagangan, Jakarta, Selasa (30/11/2010).
Tujuannya, tidak lain membantu UKM dapat bersaing di bidang ekspor dengan pasar global.
Konsep trading house yang dilakukan PT Sarinah diharapkan bisa terjadi sinergi antara UKM maupun para produsen.
Dijelaskannya, Sogo sosa adalah trading house general di Jepang yang sudah popular sejak tahun 1800-an dan sudah teruji sukses mengembangkan UKM Jepang.
UKM Jepang, jelasnya, sangat membuhtuhkan Sogo sosa, dan merek-merek dagang yang sekarang mengkilau pun berawal dari dukungan Sogo sosa.
Menurut keterangan, trading house Sogo sosa ini bertujuan supaya produk UKM bisa dipasarkan ke luar negeri. (olo)