JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Ketua Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SKIB) Okke hatta Rajasa dan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu teken MoU pemberdayaan industri kreatif di Jakarta, (9/3/2011). Bertajuk: “Nota Kesepahaman Mengenai Program Indonesia Pintar dan Indonesia Kreatif”.
“Semoga nota kesepahaman ini ditindak lanjuti dengan program- program nyata demi terwujudnya masyurakat Indonesia yang pintar dan kreaitif,” kata Mendag Mari Elka Pangestu usai penandatangan MoU yang sekaligus me-launching Hari Sepatu Indonesia. Artinya seluruh pegawai Kemendag, setiap Jumat, wajib memakai sepatu buatan Indonesia.
Menurut Mari, langkah ini merupakan wujud nyata dari implementasi gerakan 100% Aku Cinta Indonesia (ACI).
“Apa itu ACI? ACI bukan sekedar gerakan untuk mencintai dan menggunakan produk Indonesia. Gerakan ACI adalah gerakan untuk meningkatkan kesadaran, rasa bangga dan apresiasi kita terhadap Indonesia, serta mengubah berbagai persepsi yang tidak tepat,” pungkas Mendag.
Ia juga menyebutkan: “Mengapa kuta bangga menjadi orang Indonesia dan bangga mengenai negara kita?. Karena Indonesia kaya dengan warisan budaya, keindahan alam, kuliner yang luar biasa beragam, manuasia yang ramah, ulet dan memiliki daya tahan tinggi,” paparnya.
Selanjutnya kata Mari: “Gerakan ACI adalah gerakan kita semua. Maka kita semua menuangkan ide- ide kreatif sehingga menjadi katalisator meningkatkan apresiasi dan rasa bangga mengenai Indonesia,” terang Mari.
Seperti diketahui memang. Ekonomi dan industri kreatif selama ini telah berkontribusi besar kepada PDB kita. Dan nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun.
Misalnya tahun 2006, ekonomi kreatif menyumbang Rp81,5 triliun atau 9,13% dari total nilai ekspor nasional. Kemudian pada tahun 2008, kontribusinya tercatat Rp151 triliun atau setara 7,28% dari total PDB Indonesia.
“Produk industi kreatif kita diharapkan terus memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Makanya kita terus mencitrakan produk kreatif untuk meningkatkan daya saing, identitas, serta kekuatan produk secara keseluruhan,†kata Suhanto, Direktur Dagang Kecil Menengah Kemendag, kepada Citra Indonesia.com beberapa waktu yang lalu dalam ivent lain.
Sebagai perbandingan, kata Suhanto, bila dilihat dari pertumbuhan ekonomi (PDB), mencapai kisaran 2,8%, 7,9% di Inggris, dengan tingkat pertumbuhan industri 5,7% di Australia, sampai 16% Inggris. Penyerapan tenaga kerjanya luar biasa. Berkisar 3,4% di Singapura dan 5,9% di AS.
“Selain berkontribusi pada ekonomi yang signifikan, ekonomi kreatif dapat meningkatkan citra dan identitas bangsa kita. Membentuk iklim bisnis yang kondusif dan dampak sosial yang positif,†ujarnya.
Karenanya tak salah bila Suhanto mengajak seluruh komponen bangsa untuk lebih gencar mengkampanyekan gerakan nasional 100% Aku Cinta Indonesia sebagai fondasi yang kuat untuk meletakkan nation branding Indonesia di masa mendatang.
“Gerakan ini semacam “proteksi alamiah†meningkatkan daya saing pasar dalam negeri. Dan kuat menahan serbuan produk impor,†Suhanto menegaskan. (olo)